2022-07-18 02:49:45

HIMPENINDO DIY ADAKAN SYAWALAN DAN RAPAT PENGURUS 

Guna mempererat hubungan silaturahmi antara Pengurus dan anggota Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo), serta pimpinan satuan kerja  Penelitian dan Pengembangan (satker Litbang) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  pada Senin, 17 Juni 2019 diadakan Halal bi Halal atau Syawalan 1440 H di Ruang pertemuan Balai Besar Penelitian Pengembangan dan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta (BBP3KSY). Acara diikuti sekitar dua ratus orang yang terdiri dari pengurus, anggota, dan dewan penasehat Himpenindo DIY, serta  pimpinan satker litbang. 

Syawalan dibuka oleh Kepala Bidang Standardisasi dan Sosialisasi Hasil Penelitian Luswi Hadi mewakili Kepala BBP3KSY selaku tuan rumah. Selanjutnya Ketua Himpenindo DIY , Gunawan dalam sambutannya mengatakan bahwa Syawalan menjadi momentum bagi sivitas peneliti DIY untuk saling  memaafkan dan sebagai ajang silaturahmi. Gunawan berharap agar keberadaan Himpenindo sebagai keluarga besar para peneliti dapat memberikan kemanfaatan bagi kemaslahatan. Sementara itu,  Hardi Julendra mewakili Dewan penasehat menyampaikan bahwa  dengan memiliki jumlah satker Litbang sebanyak 19 dan jumlah peneliti mencapai 320 orang, DIY  mempunyai potensi yang sangat  besar dalam  melakukan terobosan  penelitian nasional.

Adapun hikmah Syawalan disampaikan oleh  Pengasuh Pondok Pesantren Lintang Songo dari kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul Ustadz KH. Drs.Heri Kuswanto,M.Si. Menurut Heri Kuswanto, syawalan dan halal bihalal merupakan budaya yang sangat baik yang berkembang di Indonesia dan merupakan waktu yang tepat untuk saling mengakui kesalahan dan saling memaafkan. Acara syawalan ditutup dengan saling berjabat tangan.

Usai acara syawalan dilanjutkan rapat Pengurus Himpenindo DIY yang diselenggarakan di ruang rapat BBP3KSY. Rapat oleh Ketua Himpenindo DIY Prof. Dr. Gunawan, M.Si dengan agenda pembahasan dan finalisasi program kerja  periode 2019-2024 (Bidang Humas DIY).