2022-12-09 03:48:14
Guna menampung para peneliti di Indonesia, Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) dibentuk. Kali ini PPI Jawa Timur dibentuk guna menampung para peneliti yang tergabung dari beberapa kantor.

Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua PPI Jatim, Anang Triwiratno saat melakukan pengukuhan di Kebun Raya Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Dalam pengukuhan ini dihadiri pula oleh Kepala Balitbang Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno. “Para peneliti itu seperti seniman dan menganggap semua kurang penting sampai kewajibannya juga tidak terurus. Dengan adanya PPI ini setiap lembaga peneliti bisa dikembangkan lagi dan berguna bagi negara,” katanya, Selasa (25/10/2022).

Anom menambahkan bahwa saat ini peniliti sangat kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Sehingga dibentuklah PPI ini untuk mempermudah tugas dan memberikan kontribusi kepada negara.

Senada dengan itu Ketua PPI Jatim, Anang Triwiratno mengatakan saat ini yang sudah memiliki kompetensi peneliti dan tergabung dalam organisasi sebanyak 250 orang. Namun untuk kedepannya bakal ada 250 orang lagi yang akan ikut bergabung di dalam PPI.
“Saat ini telah tergabung 250 orang, kedepannya akan ada lagi 250 orang yang masuk PPI. Dari 250 orang saat ini punya keahlian dari bidang yang bermacam-macam, seperti pertanian, perkapalan, mesin, dan kelistrikan,” kata Anang.

Anang juga menambahkan untuk kedepannya setiap peneliti akan melakukan kolaborasi. Terutama di bidang pertanian, dikarenakan Jawa Timur merupakan potensi utamanya pertanian.