2022-07-18 02:48:53

Sinergisitas yang diharapkan antara lain penyediaan sarana dan prasarana penelitian, elaborasi penelitian lintas bidang kepakaran, transfer pengalaman penelitian berskala global, serta peluang pendanaan penelitian yang potensial. Untuk memfasilitasi hal tersebut, dibutuhkan berbagai kegiatan yang dapat menjembatani bertemunya antarpeneliti, struktural pengambil keputusan, dan para pemangku kepentingan akan hasil riset.

Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, HIMPENINDO DIY merencanakan sebuah workshop untuk mensinkronkan program penelitian, pengkajian dan pengembangan antarunit satker di wilayah DIY. Selain itu pada waktu yang bersamaan diselenggarakan pula pameran hasil litbang. Kegiatan tersebut bertujuan: (1) Memperkenalkan dan mensinkronkan program, sarana pendukung, hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan dari lembaga litbang yang ada di DIY kepada masyarakat luas, (2) mendesiminasikan hasil penelitan dan pengembangan DIY, dan (3) mendapatkan umpan balik (feedback) bagi peningkatan kegiatan litbang di DIY pada masa yang akan datang.

”Workshop Sinkronisasi Kegiatan dan Pameran Hasil Penelitian dan Pengembangan” berlangsung selama dua hari, Rabu – Kamis, 21-22 Agustus 2019 di Gedung Taman Teknologi Pertanian (TTP) Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul DIY. Workshop akan diikuti oleh para peneliti dan 19 pimpinan Satker Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan yang ada di wilayah DIY. Kegiatan Workshop dibuka oleh Ir. Fini Murfiani, MSi, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan,  Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

 

Dalam pembukaan kegiatan tersebut disimpulkan bahwa keberadaan lembaga litbang di DIY semakin mendorong terwujudnya berbagai inovasi dan perkembangan teknologi, yang dapat diaplikasikan ke masyarakat. Proses alih teknologi dari lembaga litbang kepada masyarakat telah banyak dilakukan, tetapi kadang-kadang masih ditemukan ketidaksesuaian atau ketidaksinkronan antara program penelitian, pengkajian dan pengembangan di lembaga litbang yang dikembangkan dengan permasalahan yang ada di masyarakat. Hasil-hasil penelitian, pengkajian dan pengembangan belum semuanya dapat dimanfaatkan oleh para pengguna karena satu lain hal diantaranya sosialisasi hasil litbang kepada stakeholder.

 

Kontributor:

Ketua Bidang Humas Himpenindo DIY : Kurniadi

Sekretariat Panitia :

BPTBA LIPI Gunungkidul

Jln. Yogya – Wonosari Km. 31,5, Gading, Playen, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta

Telp : (0274) – 391570/Faks : (0274) – 391168

E-mail : [email protected] www.bptba.lipi.go.id

 

Divisi Komunikasi dan Informatika

Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Peneliti Indonesia