2022-07-18 02:49:24

"Kita ingin Himpenindo menjadi wadah kita untuk menginventarisasi karya penelitian teman-teman peneliti yang selama ini tersimpan, untuk dikeluarkan dari lemari, dipublikasikan melalui Himpenindo agar lebih bermanfaat," jelasnya, dalam acara Sosialisasi dan Pembentukan Himpenindo Sumut di Badan Pengkajian Teknologi Pertanian Sumut (BPPT), Jalan AH Nasution No.1B Medan, Rabu (7/8/2019) pagi.

Himpenindo mencoba mendorong penelitian ini dapat dimanfaatkan pemerintah daerah, khususnya Pemprov Sumut dalam sebuah sinergi sebagai konsep pembangunan ke depannya. Alasannya adalah keilmuan anggota Himpenindo sendiri telah tersertifikasi.

 

"Organisasi ini diisi peneliti profesional lantaran sudah melalui peningkatan rate dan kompetensi serta penegakan etika Peneliti dan kepenelitian. Kita juga akan mengawal segala bentuk penelitian yang berkemungkinan mendapat tuntutan hukum di luar sana," katanya, mengistilahkan advokasi.

Himpenindo menghimpun anggota tak hanya dari ASN namun juga Non-ASN agar organisasi menjadi lebih kaya secara keilmuwan.

 

Beberapa anggota Himpenindo merupakan dosen ataupun guru besar di perguruan tinggi yang diharapkan akan menularkan ke mahasiswa-mahasiswa.

Pria yang menjabat sebagai Ahli Peneliti Utama di Kemenkumham RI ini mengatakan, terkhusus untuk ASN, Himpenindo telah ditunjuk oleh instansi pembina Jabatan Fungsional Peneliti (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sebagai wadah tunggal organisasi profesi yang wajib dimiliki sertifikasinya.

Kepala BPPT Sumut Khadija El Remija melanjutkan, bahwa peneliti di BPPT Sumut sendiri ada 40 orang yang telah bergabung di Himpenindo Sumut merujuk arahan LIPI.

 

Secara meluas, ada 1.800 peneliti dari peneliti Kementerian Pertanian RI, namun hanya 200-nya yang telah bergabung dengan Himpenindo.

Meneliti, imbuh Khadijah adalah sebuah hal yang sulit, apalagi membutuhkan dana di setiap penelitiannya. Oleh karena itu, dari adanya wadah Himpenindo dapat memberikan solusi untuk hal-hal tersebut.

"Sehingga penelitian kita bisa menjadi bermanfaat mulai dari pertanian, sastra, teknik sipil dan lain sebagainya dan menjadi berkah untuk kita semua," ujarnya.



Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Himpenindo Resmi Hadir di Sumut, Jurnal Penelitian Bukan Penghias Lemari Buku, https://medan.tribunnews.com/2019/08/07/himpenindo-resmi-hadir-di-sumut-jurnal-penelitian-bukan-penghias-lemari-buku?page=2.
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution