2022-07-18 02:41:38

Dalam menyambut bulan Syawal 1441 H, Dewan Pengurus Pusat Himpenindo menyelenggarakan kegiatan Halal Bihalal dan Konsolidasi Kegiatan Himpenindo dengan tema “ Hikmah Pandemic Covid 19 bagi Bangsa dan Peneliti” pada tanggal 08 Juni 2020 secara teleconferen dengan menggunakan zoom metting, kegiatan Halal bilahal diikuti oleh Dewan Pengurus  Pusat, Pengurus Provinsi, Kabupaten/Kota dan anggota Himpenindo dari seluruh Indonesia.

Acara dipandu oleh Ibu Elly Eliah selaku kepala Sekretariat Himpenindo dan di buka oleh Ketua Umum Himpenindo Ir. Syahrir Ika. MM. Dalam sambutannya, Bapak Syahrir Ika menyampaikan tujuan didirikannya Himpenindo dan perkembangan Himpenindo sampai saat ini.

Susunan acara Halal Bihalal Himpenindo adalah Sambutan, Hikmah Halal Bihalal, Konsolidasi Himpenindo terkait BRIN, salam dan sapa serta doa penutup

Dr. Laksana Tri Handoko selaku Kepala LIPI dan  Pelindung Himpenindo, dalam sambutannya menyampaikan harapan kepada Himpenindo agar bisa terus berkembang di tengah pandemi saat ini.

Ceramah Halal Bihalal disampaikan  Bapak Lukman Hakin Saifuddin Menteri Agama RI 2014-2019, hikmah yang bisa diambil  pandemi covid 19 yang sedang kita hadapi antara lain. Pandemi ini adalah wujud kasih sayang Tuhan kepada kita karena banyak hal postif yang bisa kita ambil dari peristiwa ini, contohnya kesadaran bahwa kita ini adalah makhluk yang lemah dikarenakan nyaris tidak berdaya dikarenakan virus. Pada hakekatnya manusia itu sama, karena virus ini bisa menyerang siapa saja dan dimana saja. Selain itu, dengan pandemic ini kita disadarkan bahwa kita sebagai makhluk sosial yang mana kita tidak bisa hidup sendiri. Pandemic ini juga menyadarkan kita untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, kita lebih banyak waktu luang untuk keluarga, kita lebih peduli dengan kebersihan diri sendiri dan lingkungan, dari sisi spiritual juga kita disadarkan bahwa kematian itu dekat.

Materi Konsolidasi Himpenindo terkait dengan BRIN disampaikan oleh  Bapak Thomas Djamaludin selaku Kepala LAPAN dan juga Ketua Majelis Kehormatan Peneliti Himpenindo. Dalam paparannya Prof Thomas menyampaikan perkembangan intergrasi BRIN. Materi lengkap dapat di download di https://bit.ly/2MGj84O.

Acara Halal Bihalal ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Dr. Juju Saepuddin dari kementerian agama dan salam sapa dari para Dewan Pengurus Pusat Himpenindo dan juga Pengurus Provinsi Kabupaten Kota yang ada di seluruh Indonesia.