2022-10-06 02:38:01

PRESS RELEASE

 

SEMINAR NASIONAL

HIMPUNAN PENELITI INDONESIA (HIMPENINDO) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dengan tema:

“INOVASI DAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19”

 

Indonesia memiliki sumberdaya yang cukup, baik sumberdaya manusia maupun alam dalam menghadapi  pandemi Covid-19, namun agar sumberdaya tertata dengan baik untuk menghadapi Covid-19 masih memerlukan waktu. Oleh karena itu, Pemerintah tidak hanya memacu bagaimana cara menurunkan jumlah korban atau penderita, tetapi juga bagaimana berbagai riset  dilakukan, baik terkait dengan evaluasi dan dampak Covid-19 maupun inovasi dan teknologi pencegahan dan penanganan  Covid 19 dengan mendayagunakan sumberdaya yang ada.

Pandemi  Covid 19 telah  menimbulkan dampak  yang luas pada berbagai sektor kehidupan dan mempengaruhi perubahan tatanan kehidupan.  Pandemi  Covid-19 tidak  hanya menjadi isu di bidang kesehatan, tetapi juga merupakan isu multidimensi yang bersinggungan dengan  ekonomi, politik, sosial budaya dan lingkungan. Oleh karena itu, dampaknya pada pembangunan baik di tingkat internasional, regional dan nasional tak dapat dihindari. Terkait dengan permasalahan tersebut di atas, HIMPENINDO DIY menyelenggarakan sebuah Seminar Nasional dengan tema  “INOVASI DAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19”.

Seminar tersebut bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi serta melakukan diskusi dan penyebarluasan  hasil kegiatan penelitian pada masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional ini diselenggarakan selama satu hari, pada tanggal 24 Agustus 2021  dan dilaksanakan secara virtual (online). Seminar menghadirkan pembicara utama, pembicara undangan dan 32 pemakalah yang berasal dari berbagai institusi di Indonesia. Pembicara utama dalam seminar ini adalah Bapak Prof. Dr. Eng. Kuwat Triyana (Guru Besar FMIPA UGM) sebagai Inventor GeNose Covid-19 dan Bapak Dr. Mego Pinandito, M.Eng: Sekretaris Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Seminar ini diselenggarakan oleh Himpenindo DIY. Jumlah peserta maksimal sebanyak 500 orang, dengan cara mendaftarkan melalui link yang telah disediakan sebelumnya. Peserta seminar yang telah mendaftar memperoleh sertifikat (e-certificate) dari Panitia Seminar. Semoga peserta seminar memperoleh manfaat yang besar dari kegiatan ini, sehingga mampu mewujudkan atmosfer riset yang baik dan budaya riset yang kokoh, berkelanjutan dan berkualitas sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menghadapi masa-masa sulit pandemi Covid-19.


 




Ketua Bidang Humas Himpenindo DIY


ttd


Ir. Muhammad Kurniadi, MTA


Catatan: terima kasih atas perhatian dan kesediaan teman-teman jurnalis untuk meliput acara tersebut.


Sekretariat Panitia :

BPTBA LIPI Gunungkidul

Jln. Yogya – Wonosari Km. 31,5, Gading, Playen, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta

Telp : (0274) – 391570/Faks : (0274) – 391168

E-mail : [email protected] www.bptba.lipi.go.id