2022-12-09 03:24:12
Peneliti Pusat Riset Peternakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terpilih menjadi Ketua Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Sumatra Utara masa bakti 2022–2025 dalam musyawarah wilayah yang digelar secara hibrid dari Hotel Le Polonia Medan, Rabu (7/12/2022).

Ketua Dewan Pengurus Pusat PPI, Ir. Syahrir Ika, M.M. dalam sambutan via virtual Zoom memberikan arahan agar terpilihnya Pengurus PPI Wilayah Sumatra Utara, dapat membawa amanah misi mulia PPI, sehingga dapat terbangunnya Periset yang profesional untuk kemajuan masyarakat Indonesia. Apalagi, PPI telah memiliki norma kode etik dan kode perilaku yang harus dipedomani para Periset di keorganisasian PPI.

“PPI juga menjadi wadah solutif berupa advokasi bagi Periset bila mengalami kesulitan dalam meningkatkan karier profesi sebagai periset di dalam instansi internal Periset maupun dengan pihak instansi eksternal Periset,” katanya.
Dengan perubahan organisasi Himpenindo menjadi Perhimpunan Periset Indonesia (PPI), sebut Syahrir, para Periset ASN K/L, Periset non-ASN, dan Dosen Periset di Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Sumatra Utara, melaksanakan Kongres Musyawarah Wilayah (Muswil) Sumatra Utara untuk Pemilihan Ketua PPI Sumut Periode 2022 – 2025.

Acara Muswil itu juga ditandai paparan tentang PPI oleh Wakil Sekretaris DPP PPI, Ahyar, S.H, M.H. Ahyar mengatakan, pembentukan PPI diawali lahirnya Undang-undang Jabatan Profesi Fungsional, kemudian terbitnya Peraturan Presiden tahun 2021, tentang dibentuknya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) sebagai instansi Pemerintah pelaksana kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap). PPI mencakup seluruh fungsional Peneliti dan Perekayasa ASN ex K/L.

“PPI juga menerima keanggotaan dari non-ASN dan Dosen Perguruan Tinggi yang berprofesi di bidang litbangjirap. Sehingga, melalui PPI, diharapkan menjadi gerbong berkolaborasi yang lebih baik lagi untuk menghasilkan Riset dan Inovasi untuk kemajuan Indonesia,” sebutnya.

Melalui hasil musyawarah, berhasil menetapkan Dr. Andi Tarigan, sebagai Ketua PPI Sumut dan Andryan, S.H., M.H., sebagai Sekretaris PPI Sumut.

Dalam pidato perdananya sebagai Ketua PPI Sumut yang baru terpilih, Andi Tarigan menyampaikan, guna menciptakan periset-periset yang profesional, maka misi untuk jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh Pengurus PPI Sumut adalah melakukan konsolidasi internal dengan para anggota PPI Sumatra Utara.