2022-12-09 03:35:51
Kegiatan Pengukuhan Perhimpunan Periset Perhimpunan Periset Indonesia Provinsi NTT 2022-2025, Neo Aston, Senin,  21 November 2022

Ketua DPP Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Ir Syahrir Ika, MM. Melantik Pengurus PPI Provinsi NTT 2022-2025. Acara pengukuhan dihadiri oleh jajaran Dewan Pakar PPI, Ketua Prof Dr. Jacob Nulik. M.Sc,Anggota Dr. Ir. D. Roy Nendisa. MP, Dr. Maria T. Geme, S.H. MH, Dr. Ahmad Atang M.Si. Dr. Ir Toni Basuki, M.Si, P. Gregor Neonbasu, SVD, Ph.D dan Pdt Drs. Meski D. Beeh, M.Si

Pantauan media ini, Kegiatan Pengukuhan Perhimpunan Periset Indonesia Provinsi NTT berjalan dengan baik, Sambutan Terlantil ketua PPI Provinsi, Ir. Evert Y. Hosang. M.Si. Ph.D, Mengatakan secara Nasional melalui Perpres no 33 tahun 2021 yang dasarnya adalah UU Sisdiknas Iptek tahun 2019, menggabungkan seluruh peneliti dan perekayasa di Indonesia dalam satu wadah yang di sebut BRIN, maka baru ini sudah terbentuk sejak tahun lalu, Lembaga-lembaga yang trintegrasi dalam BRIN antara lain Peneliti dan Perekayasa dari seluruh kementerian juga Peneliti dari lembaga pemerintah non kementerian seperti LIPI, Batan, BPPT dan LAPAN. Untuk Provinsi NTT, para peneliti dan perekayasa yang bergabungdalam BRIN berasal dari Kementerian Pertanian (BPTP), Kementerian Kehutanan (Litbang Kehutanan), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), yang total penelitinya berjumlah lebih dari 20 orang.

Lanjut Evert lebih lanjut mengatakan bahwa, Selain peneliti BRIN, di NTT juga terdapat sejumlah 10 orang Peneliti BAPPELITBANGDA Prov.NTT dan lebih dari 1500 dosen dari berbagai perguruan tinggi yang ada di NTT. UNDANA memiliki 902 dosen, UNKRIS memiliki 158 dosen,UNIKA memiliki 255 dosen, UNIV. MUHAMMADIYAH memiliki 125 dosen, Politani memiliki 164 dosen dan UNIMOR memiliki 127.

Semua insan Periset tersebut di atas merupakan asset penting dari Provinsi NTT yang bisa dikoordinir dengan baik guna memberikan kontribusi inovasi dan teknologi dalam mendukung Pembangunan Daerah Provinsi tercinta ini.
Catatan penting bahwa dengan jumlah Peneliti dan Dosen yang relatif cukup banyak serta bidang kepakaran yang beragam, harusnya Pembangunan di NTT sangat terbantu dengan hasil penelitian yang akurat dan komprehensif. Untuk menjembatani hal itu, Perhimpunan Periset Indonesia Wilayah Provinsi NTT yang terbentuk dari Para Penelii BRIN, BAPPELITBANGDA Prov.NTT serta Dosen dari beberapa Perguruan Tingi di NTT, bertekad untuk meningkatkan kompetensi para Peneliti dan Dosen dalam bidang Penelitian dan Pengembangan serta secara terintegrasi melakukan penelitian guna menemukan inovasi baru untuk mempercepat pembangunan pertanian, peternakan, perikanan, pendidikan dan kualitas hidup masyarakat di NTT.

Kepengurusan Perhimpunan Periset Indonesia Provinsi NTT terdiri dari Bidang Organisasi, Bidang Keanggotaan dan Kode Etik, Bidang pertanian, Bidang Peternakan dan perikanan, Bidang Usaha dan Industri, Bidang Pendidikan, Bidang Kerjasama, Bidang lingkungan Hidup dan Kehutanan , Bidang riset pengembangan dan inovasi, bidang media dan Humas. Keanggotaan dari kesemua bidang tersebut berasal dari Para Peneliti yang dikukuhkan hari ini. Ujar ketua

Ketua Umum PPI Pusat, Ir Syahrir Ika M.M. Dalam sambutan, Menyampaikan apresiasi pada pengukuhan Pengurus ini di hadiri, oleh Gubernur, Rektor Undana, Rektor Unwira, Rektor Unkris, Rektor Muhammadiyah,Rektor Unimor, lanjut Ketua Umum PPI mengatakan pada PPI NTT, Kita harus bisa menjaga profesionalisme sebagai periset, berpegang pada pedoman etika agar kita menghasilkan karya yang nyata, yang memberikan manfaat sehingga mendapatkan pengakuan dan kepercayaan masyarakat, Tugas kita yaitu diminta untuk mengadvokasi hasil riset kita yang tersandung kasus hukum, Tugas organisasi Perhimpunan Periset Indonesia adalah sebagai wadah dari para periset apabila ada keluhan, kritik, ataupun usulan terkait transisi reorganisasi pasca terbentuknya BRIN, Tugas baru kita kedepan adalah melaksanakan fungsi Diklat yang saat ini sudah tidak ada di BRIN. Memohon pak gubernur membuat perencanaan dan berbasis riset di daerah ini, PPI harus siap menjalin sinergi antara lembaga penelitian, menjadi wadah tunggal bagi peneliti Aparatur Sipil Negara (ASN) dan peneliti non-ASN, meningkatkan integritas, etika dan perilaku peneliti, memberikan kontribusi dalam menyejajarkan kemampuan Ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya nasional dengan tingkat kemapanan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di tingkat global. Ujarnya

Sambutan Gubernur NTT, Menyampaikan apresiasi pada pengukuhan Pengurus PPI Provinsi, karena itu Periset ini harus lebih baik dan maju kemajuan daerah ini harus dengan pengetahuan yang cukup yaitu melalui Riset, dunia kampus harus berubah, harus lebih terbuka, pak gubernur berpesan untuk berjuang berpikir da n melakukan untuk kemajuan diri kita dan umum PPI Provinsi NTT.

Peran Periset sangat di butuhkan untuk mengentaskan kemiskinan dan lebih berkembang maju. Menjadi peneliti adalah sahabat Tuhan yang mengungkapkan misteri ilahi yang dapat berguna untuk kebaikan kita. Akhir kata Gubernur harus menunjukkan kualitas periset untuk kebaikan kita di NusaTenggaraTimur ini.

Susunan Pengurus Perhimpunan Periset Indonesia Provinsi NTT periode 2022-2025 terdiri dari :
PENASEHAT
1. Ketua : Gubernur NTT
2. Wakil Ketua : Rektor Undana
3. Anggota : Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT
4. Anggota : Rektor UNKRIS Artha Wacana Kupang
5. Anggota : Rektor UNIKA Widya Mandira Kupang
6. Anggota : Rektor Universitas Timor
DEWAN PAKAR
1. Ketua : Prof Dr. Jacob Nulik, M.Sc (
2. Anggota : Dr. Ir. D. Roy Nendisaa, MP
3. Anggota : Dr. Maria Theresia Geme, SH, MH
4. Anggota : Dr. Ahmad Atang, M.Si (
5. Anggota : Dr. Ir. Toni Basuki, M.si
6. P. Gregor Neonbasu, SVD, Ph.D
7. Pdt. Drs. Mesakh D Beeh, M.Si

Pengurus Harian
1. Ketua : Ir. Evert Y. Hosang, M.Si PhD
2. Wakil Ketua : Ir Jalaludin , M.Si
3. Sekretaris : Dr. Gerson N. Djurumana, S.Hut, M.Si
4. Wakil Sekteraris : Noldy R.E. Kotta, SP, M.Sc
5. Bendahara : Helena da Silva, SP, M.Si