2022-12-09 03:42:53

Pada Hari Senin, tanggal 14 November 2022, mulai pukul 9.00 WIB, bertempat di Auditorium Dr. Ismunadji, Kantor Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Jalan Tentara Pelajar no. 3B, Cimanggu, Kota Bogor, akan diadakan TALK SHOW dan PAMERAN dalam rangka memperingati HCPSN 2022.

 

Peringatan Hari Cinta Satwa dan Puspa Nasional (HCPSN) tahun 2022 yang kali ini diadakan atas kerjasama PPI (Perhimpunan Periset Indonesia) Kota Bogor dan Pemerintah Kota Bogor. Kegiatan ini direncanakan akan dibuka oleh Bapak Walikota Bogor, Bapak Dr. Bima Arya, M.Si. Acara inipun akan dihadiri oleh Ketua PPI Pusat, Bapak Ir. Syahrir Ika, MM.

 

PPI Kota Bogor yang diketuai oleh Bapak Ir. Rachman Effendi, M.Sc. Ini - sebagai satu-satunya organisasi wadah periset yang bernaung di Kota Bogor, sangat mendukung HCPSN yang sudah merupakan amanah Nasional, sesuai dengan Keppres No. 4 Tahun 1993, yang menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Tujuan dari dikeluarkannya Keppres tersebut adalah agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan dan pelestarian puspa dan satwa Indonesia.

 

Talk Show dan Pameran sehari ini akan menampilkan topik-topik diskusi yaitu: 1. Kebijakan Pemkot Bogor dalam penataan taman (Landscape) (Ulyani, ST – PemKot Bogor); 2. Aplikasi KTP pohon dalam pencegahan bencana (Denny, S.Hut., MP. - BRIN); 3. Pentingnya koleksi kayu (Xylarium) di Indonesia (Dr. Ratih Damayanti, S.Hut., M.Si. - BRIN); 4. Adaptasi dan Mitigasi Puspa terhadap Perubahan Iklim (Dr. Yanto Rohmayanto - BRIN).

 

Pada sesi berikutnya, topik diskusi meliputi: 1. Uncal, potensinya sebgai satwa harapan (Prof. Dr. Gono Semiadi - BRIN); 2. Ikan Dewa, peluang bisnis sebagai komoditas ekspor (Otong Zaenal Arifin, S.Pi., M.Si. - BRIN); 3. Budidaya dan Pelestarian Burung Paruh Bengkok (Dr. Ir. Siti Nuramaliati Prijono, MSc.- BRIN); 4. Ketahanan Satwa dalam Menghadapi Bencana (Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS. – IPB University).

 

Saat berlangsungnya Talk Show, berlangsung pula pameran yang akan diisi oleh beberapa stand diantaranya: PPI Kota Bogor, Pemkot Bogor, UMKM serta komunitas-komunitas puspa dan satwa yang ada di kota Bogor.

 

Untuk memeriahkan acara gebyar Peduli Puspa dan Satwa, PPI Kota Bogor mengadakan Lomba Foto –berhadiah uang tunai. Info lebih lengkap dapat dilihat di Instagram PPI Kota Bogor: @ppi_bogor.

  

Acara yang dinahkodai oleh Prof. Ir. Anang Hari Kristanto, M.Sc., PhD - sebagai ketua panitia, menekankan pada tujuan utama dari kegiatan ini yaitu sebagai pengingat betapa pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Sehingga upaya-upaya melestarikan puspa dan satwa merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia serta pemenuhan keseimbangan ekosistem. Melalui keterlibatan berbagai pihak pada kegiatan Gebyar Peduli Puspa dan Satwa Kota Bogor tahun 2022, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian, pembudidayaan dan pemanfaatan puspa dan satwa kita.

 

Media kontak :

Bugi Sumirat

(Sie Humas)

Email: [email protected]

CP: 085313141496