2024-08-21 11:57:13
Perhimpunan Periset Indonesia (PPI) Bekasi Raya mengadakan acara Bincang-bincang Risnov dengan tema "Perekayasa, Harapan dan Tantangan di Masa Akan Datang" secara daring Pada hari Jum'at, 16 Agustus 2024, Jam. 13.30-15.30 WIB. Adapun tujuan Sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme periset.

Pembicara tunggal dalam acara ini adalah Wakil Ketua PPI Dr. Ir. I Nyoman Jujur, M.Eng., memaparkan sifat pekerjaan perekayasa yang lebih menekankan pada tahap pengkajian dan penerapan teknologi, dikaitkan dengan kepentingan industri, namun memenuhi syarat HKM dan KKM. Perekayasa Utama bidang material ini menjelaskan contoh bagaimana proses riset implang tulang dilakukan, mulai dari penelitian, pengujian, dan registrasi produk. Riset yang dilakukan secara kolaborasi tersebut telah menghasilkan KTI paten dan lisensi.

Pada sesi diskusi, para peserta sangat antusias memperbincangkan output riset perekayasa, terutama paten dan lisensi. Perlu dicarikan bentuk terbaiknya sehingga relatif lebih memungkinkan untuk dihasilkan oleh perekayasa. Usulan lainnya adalah mengganti paten dan lisensi dengan output lainnya yang setara, jumlah publikasi KTI misalnya. Isu lain yang mengemuka antara lain pentingnya melibatkan perekayasa dalam penyusunan kebijakan, peningkatan kesejahteraan perekayasa, dan para perekayasa yang ada di BRIDA. 

Peserta dihadiri sekitar 155 partisipan yang umumnya berasal dari periset fungsional perekayasa, baik dari dalam maupun dari luar wilayah Bekasi Raya